Selasa, 06 Maret 2012

CONTOH KARANGAN ARGUMENTASI


DEMAM BBM (BLACKBERRY MESSENGER) DI KALANGAN REMAJA

Dewasa ini, masyarakat sudah tidak diasingkan lagi oleh merk handphone Blackberry. Merek handphone satu ini mulai digemari masyarakat beberapa tahun terakhir ini, baik orang dewasa maupun remaja. Apakah yang membuat orang-orang sangat menginginkan handphone ini? Ternyata Blackberry mempunyai fitur tambahan yang hanya dimiliki oleh Blackberry saja, yaitu BBM (Blackberry Messenger).

BBM sama halnya dengan Facebook atau jejaring sosial, yang mampu mempertemukan setiap orang namun dalam lingkup Blackberry saja. Kini BBM sudah menjadi keseharian apalagi buat para remaja, tidak memiliki Blackberry tidak gaul katanya.

Remaja yang menggunakan fitur BBM ini, lebih akrab menyebut BBM-an (baca: be be emman) saat mereka mengobrol dengan sebayanya. Lewat kreatifitas yang dimiliki oleh remaja sekarang, BBM dipergunakan mereka untuk mengirim foto, ucapan hari raya, atau sekedar menanyakan kabar.

Meskipun Blackberry saat ini baru tersebar luas di kota-kota besar. Itu tidak menutup kemungkinan Blackberry akan masuk ke daerah pedesaan, walau kita sama-sama tahu Blackberry memiliki harga yang relatif mahal, beberapa tahun lagi harganya mulai bisa dicapai masyarakat biasa.
Blackberry yang notabene adalah salah satu tekhnologi komunikasi, tentu memiliki sisi positif dan negatifnya, apalagi tekhnologi komunikasi yang satu ini sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, khususnya remaja, lewat apa yang kita sebut BBM.

Melalui pemaparan saya diatas, kita bisa tahu sisi positifnya, mulai dari fungsinya sebagai jejaring sosial, sampai wadah untuk menampung kreatifitas. Sisi positif  lainnya menurut saya adalah kita tidak akan ketinggalan jaman, bisa memperbnyak teman, dan yang terpenting kita tetap bisa mendapatkan informasi terbaru melalui berita-berita yang diBBM-kan.

Lalu apa sisi negatifnya untuk remaja sekarang? Menurut saya, orang tua akan direpotkan oleh remajanya, akibat tuntutan sang anak yang ingin sekali memiliki Blackberry. Apalagi teman sang anak hampir semuanya berkomunikasi dengan BBMan, disamping tak mau ketinggalan zaman, si anak pun akan merasa rugi tak memperoleh informasi dari teman-temannya. Padahal keuangan orang tua tidak mampu menjangkau harga Blackberry yang melambung itu.

Sisi negatif yang berikutnya, waktu belajar untuk remaja akan tersita, karena keseringan menatap layar handphone untuk BBMan. Terlalu asyik hingga lupa belajar, lupa mengerjakan tugas, dan akhirnya di sekolah prestasi menurun. Dan, mengingat harga Blackberry  yang mahal, kejahatan perampokkan semakin terdorong, untuk mereka yang kurang hati-hati menyimpan Blackberyy mereka, tentu akan rugi.

Jadi, pentingkah memiliki Blackberry untuk BBMan bagi remaja?

1 komentar:

  1. bagus karyanya:) numpang copas untuk tugasya,makasihh:))

    BalasHapus